Lingkup Penting Hob

Lingkup Penting Hob

Kawasan penting Heart of Borneo merupakan kawasan konservasi maupun kawasan…

Yang Anda Bisa Lakukan ?

Kawasan HoB memiliki fungsi dan daya dukung lingkungan hidup yang penting bagi 15 juta penduduk di Borneo . Oleh karena itu…

MITRA

  • Universitas Nasional (Unas)

    Universitas Nasional (Unas)

    Universitas Nasional (Unas) adalah salah satu universitas di Jakarta yang termasuk ke dalam mitra dalam Program Heart of Borneo (HoB). Universitas ini merupakan universitas yang peduli akan lingkungan, khususnya pada kawasan-kawasan yang kaya akan keanekaragaman hayatinya. Unas merupakan mitra HoB yang memiliki andil cukup penting untuk mempertahankan dan melestarikan kawasan HoB demi kelangsungan hidup bersama.

    Unas merasa perlu menyelamatkan masa depan anak bangsa dengan mencari model yang tepat berbasiskan lingkungan atau konservasi alam di daerah perbatasan. Antara lain mencari model mata pencaharian yang tepat bagi masyarakat di daerah perbatasan agar tidak merusak hutan, melalui penelitian tumbuhan non-kayu, tanaman herbal…

  • Institut Pertanian Bogor (IPB)

    Institut Pertanian Bogor (IPB)

    Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi salah satu mitra Heart of Borneo (HoB) dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. HoB bersama IPB dapat membangun kerjasama dalam bidang lingkungan atau konservasi alam. IPB dapat mewujudkan tujuan inisiatif HoB melalui penelitian-penelitian dan penemuan ilmiah tentang konservasi. Peran IPB sangat penting dalam membantu pemerintah untuk melaksanakan program HoB.

  • Universitas Tanjungpura (Untan)

    Universitas Tanjungpura (Untan)

    Universitas Tanjungpura (Untan) telah melakukan penelitian di Taman Nasional (TN) Bukit Baka-Bukit Raya (BKBR). Untan meneliti tentang tujuh macam flora dan fauna yang ada di setiap 200 meter ketinggian bukit. Tujuan penelitian adalh untuk mendapatkan data-data keanekaragaman hayati TN yang masuk dalam gugus pegunungan Muller Swaner. Penelitian tersebut tidak terlepas pada kepentingan Heart of Borneo (HoB) yang menjadi program konservasi di wilayah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

  • Universitas Palangkaraya (Unpar)

    Universitas Palangkaraya (Unpar)

    Universitas Palangka Raya (Unpar) adalah kampus terbesar di Kalimantan Tengah yang modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Secara geografis, posisi kampus Unpar berada di dua area berjauhan, kampus Yos Sudarso dan kampus Kartini. Mayoritas fakultas berada di Yos Sudarso dengan luas lahan mencapai hampir 53,000 hektar (termasuk hutan pendidikan) dengan atmosfer green campus karena hanya 5% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. Sekitar 95% wilayah Unpar bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota. Sebuah area yang menjanjikan nuansa akademik bertradisi yang tenang dan asri.

  • Universitas Mulawarman (Unmul)

    Universitas Mulawarman (Unmul)

    Universitas Mulawarman merupakan universitas berstandar internasional yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam (SDA) khususnya hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya. Berjalan beriringan antar pembangunan dengan lingkungan dapat terjalin apabila ada hubungan yang harmonis antar manusia dan manusia dengan alam. Program Heart of Borneo (HoB) merupakan program yang berkepentingan menjaga dan melestarikan lingkungan di Kalimantan. Unmul bermitra dengan HoB untuk mewujudkan tujuan inisiatif HoB.