Lingkup Penting Hob

Lingkup Penting Hob

Kawasan penting Heart of Borneo merupakan kawasan konservasi maupun kawasan…

Yang Anda Bisa Lakukan ?

Kawasan HoB memiliki fungsi dan daya dukung lingkungan hidup yang penting bagi 15 juta penduduk di Borneo . Oleh karena itu…

BERITA & ARTIKEL

  • Asap Akibat Kebakaran Hutan Indonesia Terus Menyebar

    Asap Akibat Kebakaran Hutan Indonesia Terus Menyebar

    Kabut asap tebal dari kebakaran hutan telah menyelimuti sebagian Kalimantan selama seminggu terakhir, mempengaruhi kota-kota besar seperti Palangkaraya, ibukota Kalimantan Tengah, dan mengancam penerbangan di daerah tersebut. Kalimantan dikenal karena hutan hujan dan satwa liar, serta kabut tahunan dari kebakaran diatur untuk membersihkan lahan untuk penanaman.

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pada Jumat bahwa total 26 hot spot, atau daerah dalam pencitraan satelit yang mengindikasikan suhu tinggi dan kemungkinan api, ditemukan di seluruh wilayah. Menurut BMKG, delapan titik panas itu ditemukan di dekat Palangkaraya pada Jumat, turun dari 40 pada Selasa.

    Dikatakan jumlah titik panas yang ditemukan setiap hari berubah karena faktor seperti kecepatan suhu, curah hujan, kelembaban dan angin dan arah. Pada hari Rabu, tidak ada titik panas terdeteksi dekat Palangkaraya setelah hujan turun di kota semalam.

    Erni, seorang pejabat di Bandara Kota Tjilik Riwut, mengatakan kepada Jakarta Globe pada hari Jumat bahwa kabut itu tidak memiliki dampak signifikan pada operasi di bandara. "Kabut tebal telah melalui hari ini, khususnya di siang hari," katanya. "Tapi sejauh bandara telah mampu beroperasi secara normal."

    Erni mengatakan kabut itu sangat buruk pada Selasa, ketika beberapa penerbangan ditunda hingga dua jam. "Tapi kondisi menjadi lebih baik pada Rabu ketika kita mengalami hujan," kata dia. BMKG sebelumnya telah memperingatkan bahwa sebagai puncak musim kemarau mendekati pada Juli dan Agustus, saat suhu tinggi, kelembaban rendah dan angin kencang yang umum, tersedak kabut dari kebakaran hutan dapat menimbulkan masalah kesehatan utama bagi orang-orang di seluruh wilayah.

    Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan pelatihan pemerintah daerah dan anggota masyarakat untuk menanggapi kebakaran. Jika kebakaran untuk keluar dari kendali, bagaimanapun, mengatakan akan bekerja sama dengan Departemen Kehutanan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengelola masalah.

    Para ahli telah mengatakan bahwa kabut tahunan dari kebakaran di Kalimantan dan Sumatera adalah masalah yang berlanjut karena hutan terus dibakar sebagai metode pembukaan lahan murah. Praktek ini ilegal tetapi penegakan telah miskin, sebagian karena kurangnya penegakan hukum di daerah terpencil dan daerah luas tanah yang terlibat.