Lingkup Penting Hob

Lingkup Penting Hob

Kawasan penting Heart of Borneo merupakan kawasan konservasi maupun kawasan…

Yang Anda Bisa Lakukan ?

Kawasan HoB memiliki fungsi dan daya dukung lingkungan hidup yang penting bagi 15 juta penduduk di Borneo . Oleh karena itu…

BERITA & ARTIKEL

  • Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan di Kalimantan Barat

    Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan di Kalimantan Barat

    Oleh Rini Ratna Adriani

    Dalam rangka mendorong implementasi pendidikan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Barat,  WWF-Indonesia menggelar pelatihan Environmental Education for Sustainable Development (ESD) di tiga kabupaten di kawasan Heart of Borneo  (HoB), yakni Kabupaten Melawi, Sintang, dan Kapuas Hulu sejak 23 Januari-1 Februari 2011. Pelatihan ini dihadiri oleh puluhan perwakilan tenaga pengajar dari sejumlah Sekolah Dasar di ketiga kabupaten tersebut.

    Melalui pelatihan itu, para peserta memperoleh pengetahuan tentang pendidikan pembangunan berkelanjutan secara lebih komprehensif sekaligus juga metodologi mengajar yang efektif. Pada Juni 2011, pelatihan lanjutan akan dilaksanakan di Kabupaten Melawi dan Kapuas Hulu. Untuk Kabupaten Sintang akan dilanjutkan dengan pemilihan tiga sekolah yang akan mendapat pendampingan dari WWF-Indonesia.

    Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut, WWF-Indonesia dibantu oleh sejumlah LSM lokal yang juga membantu dalam mensosialisasikan program ini ke pemerintah daerah, khususnya dinas terkait yaitu Dinas Pendidikan . Peserta yang telah mendapatkan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan ini kepada pendidik lain yang belum mendapat kesempatan mengikuti pelatihan melalui KKG (Kelompok Kerja Guru) serta menjadi agen perubahan di lingkungan sekolahnya masing-masing.

    Sekolah yang menerapkan ESD juga diharapkan dapat menjadi center of learning atau pusat pembelajaran pendidikan pembangunan berkelanjutan baik bagi seluruh komponen sekolah maupun masyarakat sekitarnya. Jadi, seluruh aktivitas di sekolah tersebut dapat dijadikan contoh nyata pembangunan berkelanjutan.