Lingkup Penting Hob

Lingkup Penting Hob

Kawasan penting Heart of Borneo merupakan kawasan konservasi maupun kawasan…

Yang Anda Bisa Lakukan ?

Kawasan HoB memiliki fungsi dan daya dukung lingkungan hidup yang penting bagi 15 juta penduduk di Borneo . Oleh karena itu…

TULISAN ANDA

  • Tumbuhan di Borneo

    Friday, 04 February 2011 | Administrator | comment (0)
    Tumbuhan di Borneo

    Salah satu temuan yang paling spektakuler belakangan ini adalah Miterophora vittata, salah satu di antara ketiga jenis Miterophora yang tercatat berasal dari Sabah dan Sarawak pada 2000. Kelompok belukar ini, pepohonan besar dan kecil yang menjadi tempat tinggal bagi sekurangnya 40 spesies, tersebar luas di seluruh Asia, dimana Borneo menjadi pusat keberagamannya. Miterophora vittata dapat ditemukan di Kota Belud, Keningau, Ranau, Lebuk Sagut, dan wilayah Yawau (Sabah) dan di TN Gunung Mulu (Sarawak). Habitatnya biasa terdapat di hutan dipterokarp yang lebat di daerah lembah atau di dekat sungai pada bebatuan berpasir, berkelok-kelok, atau berkapur pada ketinggian 800-1.220m. Bunganya memiliki organ kelamin jantan dan betina, yang masing-masing matang di saat yang berlainan untuk mencegah penyerbukan diri sendiri. Identifikasi spesies ini tidak selalu jelas, karena bunganya memiliki variasi warna, bentuk, dan ukuran yang dipengaruhi umurnya. Misalnya mahkota bagian luar memiliki sedikit pigmentasi pada tahap ‘betina’ dan menjadi semakin besar dan gelap pada tahap ‘jantan’.

    Dua anggrek Podochilus marsupialis dan Trichoglottis tinekeae tercatat pada 1998 masing-masing dari Sabah, Sarawak dan Kalimantan, serat Sabah dan Sarawak. Podochilus marsupialis ditemukan tumbuh di pohon besar yang membusuk di hutan primer, antara 130-800 m dan Trichoglottis tinekeae dijumpai di kerangas, hutan pegunungan primer, yang sepi dan terbuka, dan di utan kapur, antara 450-1.700 m.

Post Your Comment

  • Enter to this box   


Comments