Lingkup Penting Hob

Lingkup Penting Hob

Kawasan penting Heart of Borneo merupakan kawasan konservasi maupun kawasan…

Yang Anda Bisa Lakukan ?

Kawasan HoB memiliki fungsi dan daya dukung lingkungan hidup yang penting bagi 15 juta penduduk di Borneo . Oleh karena itu…

TULISAN ANDA

  • Sekilas tentang Borneo

    Friday, 04 February 2011 | Administrator | comment (0)
    Sekilas tentang Borneo

    Borneo tidak diragukan lagi merupakan salah satu pusat biodiversitas terpenting di dunia. Meskipun pulau terbesar ketiga di dunia ini memiliki sejarah penellitian dan eksplorasi yang panjang, berbagai penemuan terakhir menunjukkan bahwa sebenarnya ribuan jenis hewan dan tumbuhan masih menanti untuk dikenali. Lokasi yang paling memungkinkan hal tersebut adalah Heart of Borneo (HoB) atau Jantung Kalimantan- wilayah di pedalaman yang relatif sulit dijangkau dan merupakan hutan perawan yang tersisa di Kalimantan.

    Kalimantan memiliki sekitar 15.000 spesies tanaman, ini mungkin keberagaman yang paling kaya dibandingkan tempat mana pun di muka bumi. Taman Nasional Lambir Hills di Sarawak, dengan keberagaman pohon yang tercatat paling tinggi di dunia-1.175 jenis di lahan seluas 52 hektar (ha), tentunya mendukung perkiraan ini. Borneo juga kaya akan jenis endemik: 6.000 jenis tanaman endemik termasuk 155 jenis pohon dipterokarp- raksasa-raksasa hutan hujan yang menghasilkan getah, minyak aromatik dan kayu bernilai tinggi, serta menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi banyak hewan dan tumbuhan. Para penghuni Borneo lainnya mencakup bermacam jenis: ikan (160), amfibi (100), kadal (47), mamalia (44), ular (41), burung (39) dan juga aneka sub-spesies penting yang berkerabat jauh dengan para sepupu mereka di daratan Asia.

    Antara 1994 dan 2004, setidaknya 361 spesies baru telah diidentifikasikan di Kalimantan: 260 (jenis) serangga, 30 ikan air tawar, 7 katak, 6 kadal, 5 kepiting, 2 ular dan 1 kodok. Angka-angka di atas masih jauh di bawah jumlah sebenarnya yang ada, karena masih banyak penemuan spesies baru yang belum dipublikasikan dalam literatur ilmiah atau melalui media massa. Selain itu, masih banyak kelompok hewan yang belum diteliti secara mendalam, misalnya kelelawar (yang  mencapai 40-50% dari mamalia tropis) dan beberapa jenis mamalia kecil lainnya yang sulit diamati karena mereka hanya aktif di malam hari dan memiliki perilaku yang sukar ditebak (perlindungan diri dari pemangsa). Untuk mamalia-mamalia terbesar, penemuan yang utama adalah rangkaian genetik gajah Borneo dan Orang Utan.

    Hutan kerap ditebangi untuk kegiatan komersil termasuk karet, kelapa sawit, dan produksi bubur kertas. Peningkatan kegiatan ini diimbagi oleh dengan maraknya perdagangan liar hewan-hewan eksotis, dimana jalur penebangan dan hutan yang terbuka telah memudahkan akses ke tempat-tempat terpencil. Sejak 1996, penebanagan hutan di seluruh Indonesia yelah mencapai 2 juta ha per tahun (kurang lebih setengah dari luas Belanda) dan angka yang mengkhawatirkan ini cenderung meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kebutuhan pasari internasional.

    Jantung Kaliamntan merupakan inisiatif lintas batas kawasan yang bertujuan untuk melestarikan salah satu hutan perbatasan yang masih tersisa di Kalimantan, dengan melibatkan tiga negara di Pulau Borneo (Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam) serta beberapa organisasi non pemerintah. Dengan bertindak sekarang, kita dapat menjamin Jantung Kalimantan tetap menjadi tempat berlindung bagi berbagai spesies baik yang sudah dikenal maupun yang baru ditemukan. Jika tidak, hilangnya Jantung Kalimantan akan menjadi tragedi yang mengenaskan bagi tidak saja Borneo tapi juga seluruh Asia dan dunia.

Post Your Comment

  • Enter to this box   


Comments