• Pengembangan Ekowisata

    Pengembangan Ekowisata diharapkan menjadi fokus utama pengembangan sosial ekonomi di kawasan HoB. Sehubungan dengan hal ini, pembangunan ekowisata di kawasan HoB harus dikembangkan berdasarkan pada perencanaan wisata masing-masing negara.
    lebih lengkap
    Pengembangan Ekowisata
  • Gunung Lumut

    Permainan tradisional kompes, tujuan permainan ini adalah untuk menguji nyali pertarungan bela diri para lelaki. Sebelum pertandingan dilaksanakan diawali dengan menari oleh wasit sekaligus memberikan peragaan dan aturan main.
    lebih lengkap
    Gunung Lumut
  • Pengelolaan Kawasan Lintas Batas Negara

    Ketiga negara memahami adanya perbedaan pemanfaatan lahan di kawasan perbatasan, sehingga penting untuk meningkatkan kerjasama lintas batas dalam kegiatan pengelolaan hutan dan pemanfaatan lahan secara berkelanjutan.
    lebih lengkap
    Pengelolaan Kawasan Lintas Batas Negara
  • Pengelolaan Kawasan Lindung

    Peran kawasan lindung sangat penting dalam upaya mempertahankan fungsi dan potensinya, sehingga pengelolaan secara efektif menjadi penting melalui konservasi kekayaan keanekaragaman hayati.
    lebih lengkap
    Pengelolaan Kawasan Lindung
  • Gunung Lumut

    Mengambil kayu bakar untuk kegiatan pesta panen padi " Belian Krewayu" pesta panen padi dilaksanakan pada bulan maret 2011, hasil panen padi tahun ini cukup bagus. Kayu bakar ini diambil untuk membuat panta yakni biji padi ketan muda yang disangrai…
    lebih lengkap
    Gunung Lumut
1 2 3 4 5

Lingkup Penting Hob

Lingkup Penting Hob

Kawasan penting Heart of Borneo merupakan kawasan konservasi maupun kawasan…

Yang Anda Bisa Lakukan ?

Kawasan HoB memiliki fungsi dan daya dukung lingkungan hidup yang penting bagi 15 juta penduduk di Borneo . Oleh karena itu…

Heart of Borneo

Heart of Borneo atau jantung Borneo merupakan program konservasi dan pembangunan berkelanjutan di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan dan juga mencakup sebagian wilayah Brunei Darussalam. Program ini telah disepakati bersama antara ketiga Negara tersebut untuk dikelola berdasarkan prinsip-prinsip konservasi dan pembangunan berkelanjutan. Istilah Heart of Borneo atau HoB kemudian digunakan sebagai nama suatu inisiatif tiga Negara tesebut yang telah dideklarasikan sejak 12 Februari 2007. Inisiatif HoB mengusung program konservasi dan pembangunan berkelanjutan tertuang dalam Rencana Aksi Strategis (Strategic Plan of Action/SPA).

article

more article
  • Kick Andy on Location: Inspirasi dari Jantung Borneo

    Kick Andy on Location: Inspirasi dari Jantung Borneo

    Sebuah pesan yang kuat dari masyarakat di daerah perbatasan Malaysia dan Indonesia, tepatnya di Krayan, Kalimantan Timur, “Lebih baik mengedepankan kebersamaan, daripada memperuncing perbedaan”. ... Kick Andy: Inspirasi dari Jantung Borneo….

    Di Januari 2013, sebuah program acara talk show yang populer, Kick Andy, yang disiarkan oleh MetroTV, meliput masyarakat di Heart of Borneo. Selama lima hari, tim Kick Andy berada di Krayan, Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur, sebuah daerah perbatasan antara Malaysia dan Indonesia yang tertinggal dan tidak banyak tersentuh pembangunan. Batas administratif negara tidak memisahkan masyarakatnya yang berbeda negara namun hidup berdampingan dengan damai selama beratus-ratus tahun lamanya. Batas itu tidak dapat menjauhkan masyarakatnya yang merupakan warisan budaya dan sejarah sebagai orang-orang Lun Dayeh-Kelabit-Lun Bawang-Sa’ban.

    Program acara yang dipandu oleh Andy F. Noya berpusat pada perjuangan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan budaya mereka, yang ditopang oleh kepemimpinan kuat dari tokoh masyarakat adatnya, Lewi G. Paru, Ketua Adat Besar…